Friday, January 29, 2016

Sekarang jamannya Motor LED Headlight

Bicara soal teknologi di dunia persilatan sepeda motor, pabrikan saling memberikan gebrakan-gebrakan yang membuat para biker dimanjakan. Diantaranya seperti LED headlight. Teknologi lampu ini katanya sih lebih terang dan gak bikin aki tekor (biasanya penyakit lampu HID nih)...


LED atau Light Emiting Diode ini mempunyai penempatan bohlam (sebut saja begitu) yang unik. Jika biasanya terdapat di tengah, maka LED ditaruh diatas. Kenapa demikian? Karena nyala lampu LED sangat menyilaukan, maka cara yang paling tepat untuk meredupkan nyala yang berlebihan adalah dengan "menyembunyikannya". Dan otomatis membuat bentuk Headlight (Maras kata orang sini) menjadi agak menunduk. Ya tujuannya untuk tidak menyilaukan pengendara lain dari lawan arah.

Pabrikan yang telah meluncurkan produknya dengan LED headlight di Indonesia pun sudah banyak diantaranya : Honda PCX, CB150R, Yamaha NMax, dan lain-lain.

Last. teknologi LED memang sangat menawan (karna warna pancaran sinarnya yang putih). Tapi hal ini tidak untuk diaplikasikan di motor lawas (modif  sembarangan dengan hanya mengganti bohlam standar dengan LED). karena anda bisa menerima banyak masalah, seperti mencelakakan orang lain dan berurusan dengan pak polisi (awas kena tilang, hehehe).
sampai jumpa di artikel berikutnya. selamat malam!

No comments:

Post a Comment